Breaking News

Kesehatan dan Sex

Thursday, March 6, 2014

Delapan Fakta Unik tentang Bulu Mata

Delapan Fakta Unik tentang Bulu Mata
Delapan Fakta Unik tentang Bulu Mata - Bulu mata adalah salah satu bagian tubuh yang dapat mempercantik penampilan. Bulu mata lentik akan membuat penampilan semakin sempurna. Karenanya, saat panjang dan bentuknya tak sesuai dengan keinginan, banyak wanita yang menyempurnakannya dengan menggunakan bulu mata palsu. Terutama saat sedang menghadiri sebuah pesta.

Tapi, selain mempercantik penampilan, bulu mata juga memiliki fungsi khusus,  salah satunya menjadi tirai guna mengurangi intensitas cahaya yang masuk ke mata. Selain itu, bulu mata juga punya fakta-fakta lain yang belum diketahui banyak orang, seperti apa? Simak daftar yang disarikan dari Daily Make Over ini:

Memiliki banyak protein

Sebagai pelindung mata dari cahaya berlebih, bulu mata ternyata memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, yaitu 97 persen keratin dan 3 persen air.

Bulu Mata Rontok Setiap Hari

Jangan takut jika melihat bulu mata Anda rontok setiap hari. Karena sekitar satu hingga lima bulu mata memang akan rontok tiap harinya. Untuk bisa tumbuh panjang kembali, dibutuhkan waktu empat hingga delapan minggu.

Siklus hidup tiga bulan

Bulu mata manusia, biasanya memiliki siklus hidup 90 hari. Saat mati, maka akan rontok dengan sendirinya. Bulu mata yang rontok setiap hari itulah, yang sudah berakhir masa hidupnya.

Berbeda jumlah

Jumlah bulu mata bagian atas dan bawah juga berbeda. Ini bisa dilihat secara kasat mata. Terdapat sekitar 200 bulu untuk bagian atas dan 100 bulu pada bagian bawahnya.

Bulu mata tengah lebih panjang

Bila Anda cermati, bulu mata bagian tengah lebih panjang dari pada sisinya. Ukuran yang lebih panjang ini menjadi tirai yang paling kuat dalam menyaring cahaya.

Memiliki kutu kecil

Bulu mata ternyata juga memiliki kutu kecil yang tinggal di bagian akarnya. Menurut beberapa sumber, parasit kecil tersebut dinamakan Demodex. Kutu kecil yang biasa tinggal di rambut mamalia. Kutu akan keluar ketika Anda tertidur untuk memakan sel-sel yang telah mati dalam bulu mata.

Memiliki kelenjar

Bulu mata juga memiliki kelenjar sendiri, yaitu Moll dan Zeis. Kedua kelenjar tersebut berfungsi membantu menjaga bulu agar selalu bebas bakteri.

Ukurannya kurang dari 1 cm

Umumnya bulu mata setiap orang memiliki ukuran kurang dari 1 cm. Sebagian besar bulu mata manusia panjangnya sekitar 10 milimeter. Tapi ada juga panjang bulu mata yang tercatat hingga 6,4 cm.

Nah, itulah dia Delapan Fakta Unik tentang Bulu Mata. Sillakan like jika artikel yang anda baca ini menarik

No comments:

Post a Comment

Tentang Blog ini Home About Contact Designed By VungTauZ.Com